Minggu, 19 Mei 2013

KELISTRIKAN PADA SEPEDA MOTOR


KELISTRIKAN PADA SEPEDAH MOTOR
Alat-alat pada sepeda motor banyak sekali menggunakan perlengkapan listrik untuk menunjang perlengkapan yang ada
Secara garis besarnya sistim kelistrikan pada sepeda motor dapat dibagi beberapa bagian seperti dibawah ini.
SISTIM PENGAPIAN MESIN

1. Batery
2. Generator
3. Kunci kontak
4. Platina
5. CDI Unit
6. Coll
7. Busi
8. Condensator
SISTIM PENGISIAN

1. Battery
2. Generator
3. Regulator
4. Penyearah arus ( Kiporok)
SISTIM PENERANGAN

1. Perlengkapan lampu besar
2. Perlengkapan lampu senja
3. Perlengkapan lampu belakang
SISTIM TANDA-TANDA

1. Klakson
2. Meter mesin
3. Lampu control oil
4. Lampu rem
5. Lampu righting
6. Lampu netral
SISTIM STARTER

1. Motor starter
2. Relay stater
DIAGRAM SISTEM KELISTRIKAN PADA SEPEDA MOTOR:

Sistem Listrik Pada Sepeda Motor
PEMBANGKIT LISTRIK SEPEDA MOTOR
Pada sistem kinerja mesin, magnet berfungsi membangkitkan daya listrik. Untuk itu, magnet dilengkapi dua jenis spul. Di dalam magnet juga ada pulser yang membaca sinyal melalui perbedaan medan magnet akibat putaran di ruang magnet.
Jenis spul pertama biasa disebut spul kelistrikan lampu atau bodi. Spul ini berfungsi melipatgandakan arus yang dikirimkan ke accu. Kemudian accu menyimpan arus berikutnya dan disalurkan menuju lampu-lampu saat posisi switch 'on'.
Spul lainnya disebut spul kelistrikan pengapian. Tugasnya menguatkan arus listrik untuk memenuhi kebutuhan pengapian. Alurnya dimulai dari spul ke CDI. Dari peranti ini lantas dibesarkan koil dan terakhir masuk ke elektroda busi dan memercikkan api.
Ritme kedua jenis arus dari ruang magnet ini diatur pulser. Cara yang dipakai, cukup dengan membaca perbedaan magnet yang terjadi di ruang magnet ini. Jika berniat meningkatkan performa mesin, biasanya mekanik mengaplikasi magnet kompetisi.
Karakter magnet ini sama dengan tipe standar. Hanya tidak ada tempat bersandarnya spul kelistrikan bodi. Yang ada cuma sebongkah piringan bulat, spul pengapian dan pulser yang ditempatkan di luar magnet dan menempel di dinding blok mesin sebelah kiri atas atau bawah.

Mengenal arti dan Fungsi Kabel Kelistrikan Pada Sepeda Motor
http://www.motormobile.net/images/kabel-kabel.jpg
Dalam perawatan sepeda motor kesayangan kita, terkadang kita harus mengerti arti/fungsi kabel kelistrikan pada sepeda motor. Fungsi kabel sendiri adalah untuk menghubungkan listrik dari komponen satu ke komponen kelistrikan lainnya.

Arti warna kabel sepeda motor pada setiap merek kadang berbeda-beda. Pada dasarnya warna kabel-kabel kelistrikan tersebut mewakili muatan positif (+) dan negatif (-) pada sepeda motor, Jika kita salah menghubungkan kabel, bisa berakibat fatal bahkan kebakarang dalam sistem kelistrikan sepeda motor.

Berikut adalah penjelasan arti warna kabel kelistrikan pada sepeda motor Honda, Yamaha dan Kawasaki

1. Kabel Kelistrikan HONDA
Merah : (+) aki
Hitam : (+) kunci kontak
Putih : (+) alternator pengisian
(+) lampu dekat
Kuning : (+) arus beban ke saklar lampu
Biru : (+) lampu jauh
Abu-abu : (+) flasher
Biru Laut : (+) sein/reting kanan
Oranye : (+) sein/reting kiri
Coklat : (+) lampu kota
Hitam-Merah : (+) spul CDI
Hitam-Putih : (+) kunci kontsk
Hitam-Kuning: (+) koil
Biru-Kuning : (+) pulser CDI
Hijau-Kuning: (+) lampu rem

2. Kabel Kelistrikan YAMAHA
Hitam : (-) masa, berlaku untuk semua negatif
Hijau : (+) arus beban penerangan
Merah : (+) arus positif dari aki
Kuning : (+) lampu jauh
Coklat : (+) sein/reting kiri
Hijau : (+) arus beban (penerangan, dll)
Putih-Merah : (+) pulser CDI
Hijau-Hitam : (+) rem

3. Kabel Kelistrikan SUZUKI
Hitam-Putih : (-) masa, berlaku untuk semua negatif
Putih-Merah : (+) pengisian dari magnet
Putih-Biru : (+) koil ke CDI
Putih-Hitam : (+) lampu rem
Kuning-Putih: (+) penerangan/lampu
Biru-Kuning : (+) pulser ke CDI
Merah : (+) aki
Oranye : (+) kunci kontak
Abu-abu : (+) lampu belakang
Hijau Muda : (+) Sein/reting kanan
Hitam : (+) sein/reting kiri

4. Kabel Kelistrikan KAWASAKI
Hitam-Kuning: (-) masa, berlaku untuk semua negatif
Putih-Merah : (+) aki
Merah-Hitam : (+) lampu jauh
Merah-Kuning: (+) lampu dekat
Abu-abu : (+) Sein/reting kanan
Hijau : (+) sein/reting kiri
Biru : (+) lampu rem
Merah : (+) lampu belakang
Coklat : (+) klakson

(sumber:wiki pedia)




49 komentar:

  1. tapi saya bingung nih, kenapa dari spul(belum terhubung kemana mana) dari kabel kuning ke dua duanya (megapro lama) didekatkan ke body ada percikan api ketika disela, tapi setelah disambungkan ke keyprok ,CDI,coil tidak ada percikan api. bahkan sudah ganti pulser,CDI ,masih juga tidak ada percikan api, tolong kira kira kenapa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setau ane klw ykin spul,cdi bgus,, coba cek koil ea,,klo dri koil gk ad percikan api (keadaan budi di buka dri rumah busi) ada kemungkinan koil rusak, tp jgn buru2 ykin,, cek dulu kabel2 yg dri cdi ke koil,, klo ad percikan api berarti yakin yg rusak tuh koil ea,,

      Hapus
    2. cantiq = magnet mutar gak? Takutnya spi nya patah

      Hapus
  2. maf mas mw nanya,, kalw kabel yang harus nyambung ke stop kontak itu kabel yg mna z,, cos motor ane pas kabel2 ea di lepas dri stop kontak tetep nyala,, di sambingin smw kbel juga msih nyala,, ahir ea mtor ane gk pke konci kontak,,mksih sblum ea

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba sambungkan kabel wrn hijau-putih dr kontak ke salah satu kabel wrn hitam dr bawah mesin yang ada arus listriknya. utk ngecek ada atau tidak arus listriknya, ketika mtor nyala, tempelkn kabel hitam tsb pd besi, klw kluar percikan api, brarti itu kabelnya. coba masing2 kabel hitam itu disambungkn ke kabel hijau-putih, ketika kontak on, mesin mtr tetap nyala, tapi klw kontak off, mesin mati.smg brmanfaat.

      Hapus
  3. Motor saya itu viar ko mati digas kuil baru busi baru piston baru kira kira apa nya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. setau saya coba ente cek semua api pada klistrikanaya,, baru ato gx gx ngaruh mas,,klo smua udah mantep,, cek top pada magnet dan serta cek kompersinya mas

      Hapus
  4. Tlong share jalur skema kiprok yamaha Alfa yg 3 soket mas.
    Trims sebelumnya.

    BalasHapus
  5. Tlong share jalur skema kiprok yamaha Alfa yg 3 soket mas.
    Trims sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli yang baru aja motor mas ari biar gak bingung

      Hapus
  6. Kenapa lampu motor sy gak terang pdhl akinya baru,motor sy astrea star,mohon penjelasannya

    BalasHapus
  7. Trimksih sangat berguna, saya jdi tau dikit2 tentang kelistrikan

    BalasHapus
  8. Mas, kalau pingin tau kiprok rusaktapa ngga gimana? Sepeda motor saya alfa Mas, makasih.

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. gambar diagram tidak mjuncul. terimakasih

    BalasHapus
  11. mau nanya mas, kan pada soket cdi smash ada 2 massa, kalo diterapin ke supra lama jalur nya yg mana aja

    BalasHapus
  12. Minta donk system starting and charging system nya,sekalian dgn system penyalaan lampu cb 100

    BalasHapus
  13. Motor saya beat fi, kmrin malm tiba2 lampu depannya mati, sy coba cek kabelnya gk ad yg putus gan, tapi sy cek di kabel kuning yg dari spul gk ad percikan api gan.. Mohon bantuannya.

    BalasHapus
  14. sya baru ganti spul baru om tpi stlh dpsang cba tes klstrikan kok gg kluar prckan sma skli trus magnet klo dptr nyntol ama fulser ap karna itu yng gk ngslin listrik mhon bntuan.a om

    BalasHapus
  15. Gan aq mau nanya nie soal spul supra lamah,aku abis ganti spul kw kok warna kabel hitan merah kecil..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan sepul bukan yg asli, atau ada kesalahan di bagian sepul

      Hapus
    2. Kemungkinan sepul bukan yg asli, atau ada kesalahan di bagian sepul

      Hapus
  16. Gan aq mau nanya nie soal spul supra lamah,aku abis ganti spul kw kok warna kabel hitan merah kecil..

    BalasHapus
  17. bingung nih,saya coba ngambil ground dari sen kanan buat sen kiri tp pas nyalain yg kanan, yg kiri ikut nyala.. terus ngambil negatif nya kemana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ke massa aja mas (ngikut baut di body yang masih terhubung dengan blok mesin)

      Hapus
  18. maaf gan mau tanya nich tadi saya nyambung kabel warna hitam dan putih digabung sebelah kiri pada stang motor suzuki dr200 kemudian motornya mati dan g bisa idup lagi kira2 apanya ya gan yg konslet

    BalasHapus
  19. Gan aye punya motor viar 200ccTahun2012 cdi nya mati cepet mati sekarang ganti lagi panas serta mesinya kalo jalan agak lambat tersendat sendat, tolon di balas

    BalasHapus
  20. Gan aye punya motor viar 200ccTahun2012 cdi nya mati cepet mati sekarang ganti lagi panas serta mesinya kalo jalan agak lambat tersendat sendat, tolon di balas

    BalasHapus
  21. Kalo jalur spul(grand) ke cdi apa nyambung k bodi???di tester kabelnya nyambung k bodi...mohon infonya gan...

    BalasHapus
  22. Pak pulser Viar cross cx200 sama dengan punya nya apa

    BalasHapus
  23. Gan...mau nanya mtrku astrea 800.jalur klistrikan masang aki dari kiprok gmn?tolong pencerahannya..mau masang aki..

    BalasHapus
  24. Bro coba sharing jalur kelistrikannya kaisar tiga roda.ditunggu terima kasih

    BalasHapus
  25. Maaf numpang tanya ini kabel body warna hitam pada motor mio fungsinya apa?soalnya motor mio saya tidak bisa di stater tpi di engkol biaa hidup,akan tetapi jika kabel body warna hitam di tempelkan ke kabel body yg laennya motr saya mati,trs jga klo di kontaknya itu on kabel warna hitam itu keluar pengapian sedikit ,tapi sebaliknya jika kontaknya of kabel body warna hitam pada motr mio pengapian sangat besar ..itu knpa yah
    Maaf sedikit rumit ...karna saya jga bingung

    BalasHapus
  26. Mas.. Motor saya mio soul..
    Kabel yng langsung ke aki warna apa yaa..

    BalasHapus
  27. kalau ngakit kabel kalau ganti kiprok gak papa apa harus kiprok ori

    BalasHapus
  28. Mas tolong di bantu, motor sy viar 200 gt, apakah kabel kuning yg dari dpul klo di stater kluar api apa gak, mohon saran ny mas

    BalasHapus
  29. Mas tlong di bantu, motor sya viar 200 gt, apakah kabel kuning yg dari spul klo di srater ada percik api atau gak mhon saranya mas

    BalasHapus
  30. Mas tolong di bantu, motor sy viar 200 gt, apakah kabel kuning yg dari dpul klo di stater kluar api apa gak, mohon saran ny mas

    BalasHapus
  31. Mas tolong di bantu, motor sy viar 200 gt, apakah kabel kuning yg dari dpul klo di stater kluar api apa gak, mohon saran ny mas

    BalasHapus
  32. mas numpang tanya kabel kuning dari platina cb100 konek kemana yah.thnx

    BalasHapus
  33. apa wajar di bodi motor terdapat arus listrik pencerahannya gan

    BalasHapus
  34. Prmisi om, barangkali tahu skema diagram kelistrikan viar cross x 200GT?

    BalasHapus

KELISTRIKAN PADA SEPEDA MOTOR

KELISTRIKAN PADA SEPEDAH MOTOR Alat-alat pada sepeda motor banyak sekali menggunakan perlengkapan listrik untuk menunjang perlengkapa...