KELISTRIKAN
PADA SEPEDAH MOTOR
Alat-alat pada sepeda motor banyak sekali menggunakan
perlengkapan listrik untuk menunjang perlengkapan yang ada
Secara garis besarnya sistim kelistrikan pada sepeda motor dapat dibagi beberapa bagian seperti dibawah ini.
Secara garis besarnya sistim kelistrikan pada sepeda motor dapat dibagi beberapa bagian seperti dibawah ini.
SISTIM PENGAPIAN MESIN
1. Batery
2. Generator
3. Kunci kontak
4. Platina
5. CDI Unit
6. Coll
7. Busi
8. Condensator
SISTIM PENGISIAN
1. Battery
2. Generator
3. Regulator
4. Penyearah arus ( Kiporok)
SISTIM PENERANGAN
1. Perlengkapan lampu besar
2. Perlengkapan lampu senja
3. Perlengkapan lampu belakang
SISTIM TANDA-TANDA
1. Klakson
2. Meter mesin
3. Lampu control oil
4. Lampu rem
5. Lampu righting
6. Lampu netral
SISTIM STARTER
1. Motor starter
2. Relay stater
2. Relay stater
DIAGRAM SISTEM KELISTRIKAN PADA
SEPEDA MOTOR:
PEMBANGKIT LISTRIK SEPEDA MOTOR
Pada sistem kinerja mesin, magnet
berfungsi membangkitkan daya listrik. Untuk itu, magnet dilengkapi dua jenis
spul. Di dalam magnet juga ada pulser yang membaca sinyal melalui perbedaan
medan magnet akibat putaran di ruang magnet.
Jenis spul pertama biasa disebut
spul kelistrikan lampu atau bodi. Spul ini berfungsi melipatgandakan arus yang
dikirimkan ke accu. Kemudian accu menyimpan arus berikutnya dan disalurkan
menuju lampu-lampu saat posisi switch 'on'.
Spul lainnya disebut spul
kelistrikan pengapian. Tugasnya menguatkan arus listrik untuk memenuhi
kebutuhan pengapian. Alurnya dimulai dari spul ke CDI. Dari peranti ini lantas
dibesarkan koil dan terakhir masuk ke elektroda busi dan memercikkan api.
Ritme kedua jenis arus dari ruang
magnet ini diatur pulser. Cara yang dipakai, cukup dengan membaca perbedaan
magnet yang terjadi di ruang magnet ini. Jika berniat meningkatkan performa
mesin, biasanya mekanik mengaplikasi magnet kompetisi.
Karakter magnet ini sama dengan tipe
standar. Hanya tidak ada tempat bersandarnya spul kelistrikan bodi. Yang ada
cuma sebongkah piringan bulat, spul pengapian dan pulser yang ditempatkan di
luar magnet dan menempel di dinding blok mesin sebelah kiri atas atau bawah.
Mengenal
arti dan Fungsi Kabel Kelistrikan Pada Sepeda Motor
Dalam perawatan sepeda motor
kesayangan kita, terkadang kita harus mengerti arti/fungsi kabel kelistrikan
pada sepeda motor. Fungsi kabel sendiri adalah untuk menghubungkan listrik dari
komponen satu ke komponen kelistrikan lainnya.
Arti warna kabel sepeda motor pada setiap merek kadang berbeda-beda. Pada dasarnya warna kabel-kabel kelistrikan tersebut mewakili muatan positif (+) dan negatif (-) pada sepeda motor, Jika kita salah menghubungkan kabel, bisa berakibat fatal bahkan kebakarang dalam sistem kelistrikan sepeda motor.
Berikut adalah penjelasan arti warna kabel kelistrikan pada sepeda motor Honda, Yamaha dan Kawasaki
1. Kabel Kelistrikan HONDA
Merah : (+) aki
Hitam : (+) kunci kontak
Putih : (+) alternator pengisian
(+) lampu dekat
Kuning : (+) arus beban ke saklar lampu
Biru : (+) lampu jauh
Abu-abu : (+) flasher
Biru Laut : (+) sein/reting kanan
Oranye : (+) sein/reting kiri
Coklat : (+) lampu kota
Hitam-Merah : (+) spul CDI
Hitam-Putih : (+) kunci kontsk
Hitam-Kuning: (+) koil
Biru-Kuning : (+) pulser CDI
Hijau-Kuning: (+) lampu rem
2. Kabel Kelistrikan YAMAHA
Hitam : (-) masa, berlaku untuk semua negatif
Hijau : (+) arus beban penerangan
Merah : (+) arus positif dari aki
Kuning : (+) lampu jauh
Coklat : (+) sein/reting kiri
Hijau : (+) arus beban (penerangan, dll)
Putih-Merah : (+) pulser CDI
Hijau-Hitam : (+) rem
3. Kabel Kelistrikan SUZUKI
Hitam-Putih : (-) masa, berlaku untuk semua negatif
Putih-Merah : (+) pengisian dari magnet
Putih-Biru : (+) koil ke CDI
Putih-Hitam : (+) lampu rem
Kuning-Putih: (+) penerangan/lampu
Biru-Kuning : (+) pulser ke CDI
Merah : (+) aki
Oranye : (+) kunci kontak
Abu-abu : (+) lampu belakang
Hijau Muda : (+) Sein/reting kanan
Hitam : (+) sein/reting kiri
4. Kabel Kelistrikan KAWASAKI
Hitam-Kuning: (-) masa, berlaku untuk semua negatif
Putih-Merah : (+) aki
Merah-Hitam : (+) lampu jauh
Merah-Kuning: (+) lampu dekat
Abu-abu : (+) Sein/reting kanan
Hijau : (+) sein/reting kiri
Biru : (+) lampu rem
Merah : (+) lampu belakang
Coklat : (+) klakson
(sumber:wiki pedia)
Arti warna kabel sepeda motor pada setiap merek kadang berbeda-beda. Pada dasarnya warna kabel-kabel kelistrikan tersebut mewakili muatan positif (+) dan negatif (-) pada sepeda motor, Jika kita salah menghubungkan kabel, bisa berakibat fatal bahkan kebakarang dalam sistem kelistrikan sepeda motor.
Berikut adalah penjelasan arti warna kabel kelistrikan pada sepeda motor Honda, Yamaha dan Kawasaki
1. Kabel Kelistrikan HONDA
Merah : (+) aki
Hitam : (+) kunci kontak
Putih : (+) alternator pengisian
(+) lampu dekat
Kuning : (+) arus beban ke saklar lampu
Biru : (+) lampu jauh
Abu-abu : (+) flasher
Biru Laut : (+) sein/reting kanan
Oranye : (+) sein/reting kiri
Coklat : (+) lampu kota
Hitam-Merah : (+) spul CDI
Hitam-Putih : (+) kunci kontsk
Hitam-Kuning: (+) koil
Biru-Kuning : (+) pulser CDI
Hijau-Kuning: (+) lampu rem
2. Kabel Kelistrikan YAMAHA
Hitam : (-) masa, berlaku untuk semua negatif
Hijau : (+) arus beban penerangan
Merah : (+) arus positif dari aki
Kuning : (+) lampu jauh
Coklat : (+) sein/reting kiri
Hijau : (+) arus beban (penerangan, dll)
Putih-Merah : (+) pulser CDI
Hijau-Hitam : (+) rem
3. Kabel Kelistrikan SUZUKI
Hitam-Putih : (-) masa, berlaku untuk semua negatif
Putih-Merah : (+) pengisian dari magnet
Putih-Biru : (+) koil ke CDI
Putih-Hitam : (+) lampu rem
Kuning-Putih: (+) penerangan/lampu
Biru-Kuning : (+) pulser ke CDI
Merah : (+) aki
Oranye : (+) kunci kontak
Abu-abu : (+) lampu belakang
Hijau Muda : (+) Sein/reting kanan
Hitam : (+) sein/reting kiri
4. Kabel Kelistrikan KAWASAKI
Hitam-Kuning: (-) masa, berlaku untuk semua negatif
Putih-Merah : (+) aki
Merah-Hitam : (+) lampu jauh
Merah-Kuning: (+) lampu dekat
Abu-abu : (+) Sein/reting kanan
Hijau : (+) sein/reting kiri
Biru : (+) lampu rem
Merah : (+) lampu belakang
Coklat : (+) klakson
(sumber:wiki pedia)
Nice post (y)
BalasHapusMantap sangat membantu.
BalasHapustapi saya bingung nih, kenapa dari spul(belum terhubung kemana mana) dari kabel kuning ke dua duanya (megapro lama) didekatkan ke body ada percikan api ketika disela, tapi setelah disambungkan ke keyprok ,CDI,coil tidak ada percikan api. bahkan sudah ganti pulser,CDI ,masih juga tidak ada percikan api, tolong kira kira kenapa ya ?
BalasHapussetau ane klw ykin spul,cdi bgus,, coba cek koil ea,,klo dri koil gk ad percikan api (keadaan budi di buka dri rumah busi) ada kemungkinan koil rusak, tp jgn buru2 ykin,, cek dulu kabel2 yg dri cdi ke koil,, klo ad percikan api berarti yakin yg rusak tuh koil ea,,
Hapuscantiq = magnet mutar gak? Takutnya spi nya patah
Hapusmaf mas mw nanya,, kalw kabel yang harus nyambung ke stop kontak itu kabel yg mna z,, cos motor ane pas kabel2 ea di lepas dri stop kontak tetep nyala,, di sambingin smw kbel juga msih nyala,, ahir ea mtor ane gk pke konci kontak,,mksih sblum ea
BalasHapuscoba sambungkan kabel wrn hijau-putih dr kontak ke salah satu kabel wrn hitam dr bawah mesin yang ada arus listriknya. utk ngecek ada atau tidak arus listriknya, ketika mtor nyala, tempelkn kabel hitam tsb pd besi, klw kluar percikan api, brarti itu kabelnya. coba masing2 kabel hitam itu disambungkn ke kabel hijau-putih, ketika kontak on, mesin mtr tetap nyala, tapi klw kontak off, mesin mati.smg brmanfaat.
HapusMotor saya itu viar ko mati digas kuil baru busi baru piston baru kira kira apa nya mas
BalasHapussetau saya coba ente cek semua api pada klistrikanaya,, baru ato gx gx ngaruh mas,,klo smua udah mantep,, cek top pada magnet dan serta cek kompersinya mas
HapusTlong share jalur skema kiprok yamaha Alfa yg 3 soket mas.
BalasHapusTrims sebelumnya.
Bagi dong gan klo udh dpt jwbannya
HapusTlong share jalur skema kiprok yamaha Alfa yg 3 soket mas.
BalasHapusTrims sebelumnya.
Beli yang baru aja motor mas ari biar gak bingung
HapusKenapa lampu motor sy gak terang pdhl akinya baru,motor sy astrea star,mohon penjelasannya
BalasHapuskalo jalur lampu belakang rusak
BalasHapusTrimksih sangat berguna, saya jdi tau dikit2 tentang kelistrikan
BalasHapusMas, kalau pingin tau kiprok rusaktapa ngga gimana? Sepeda motor saya alfa Mas, makasih.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusgambar diagram tidak mjuncul. terimakasih
BalasHapusmau nanya mas, kan pada soket cdi smash ada 2 massa, kalo diterapin ke supra lama jalur nya yg mana aja
BalasHapusMinta donk system starting and charging system nya,sekalian dgn system penyalaan lampu cb 100
BalasHapusMotor saya beat fi, kmrin malm tiba2 lampu depannya mati, sy coba cek kabelnya gk ad yg putus gan, tapi sy cek di kabel kuning yg dari spul gk ad percikan api gan.. Mohon bantuannya.
BalasHapussya baru ganti spul baru om tpi stlh dpsang cba tes klstrikan kok gg kluar prckan sma skli trus magnet klo dptr nyntol ama fulser ap karna itu yng gk ngslin listrik mhon bntuan.a om
BalasHapusGan aq mau nanya nie soal spul supra lamah,aku abis ganti spul kw kok warna kabel hitan merah kecil..
BalasHapusKemungkinan sepul bukan yg asli, atau ada kesalahan di bagian sepul
HapusKemungkinan sepul bukan yg asli, atau ada kesalahan di bagian sepul
HapusGan aq mau nanya nie soal spul supra lamah,aku abis ganti spul kw kok warna kabel hitan merah kecil..
BalasHapusbingung nih,saya coba ngambil ground dari sen kanan buat sen kiri tp pas nyalain yg kanan, yg kiri ikut nyala.. terus ngambil negatif nya kemana ya?
BalasHapusKe massa aja mas (ngikut baut di body yang masih terhubung dengan blok mesin)
HapusHadeeh ngapalno neeh
BalasHapusmaaf gan mau tanya nich tadi saya nyambung kabel warna hitam dan putih digabung sebelah kiri pada stang motor suzuki dr200 kemudian motornya mati dan g bisa idup lagi kira2 apanya ya gan yg konslet
BalasHapusGan aye punya motor viar 200ccTahun2012 cdi nya mati cepet mati sekarang ganti lagi panas serta mesinya kalo jalan agak lambat tersendat sendat, tolon di balas
BalasHapusGan aye punya motor viar 200ccTahun2012 cdi nya mati cepet mati sekarang ganti lagi panas serta mesinya kalo jalan agak lambat tersendat sendat, tolon di balas
BalasHapussudahkah dicek dioda kuproks?
HapusKalo jalur spul(grand) ke cdi apa nyambung k bodi???di tester kabelnya nyambung k bodi...mohon infonya gan...
BalasHapusPak pulser Viar cross cx200 sama dengan punya nya apa
BalasHapusGan...mau nanya mtrku astrea 800.jalur klistrikan masang aki dari kiprok gmn?tolong pencerahannya..mau masang aki..
BalasHapusBro coba sharing jalur kelistrikannya kaisar tiga roda.ditunggu terima kasih
BalasHapusMaaf numpang tanya ini kabel body warna hitam pada motor mio fungsinya apa?soalnya motor mio saya tidak bisa di stater tpi di engkol biaa hidup,akan tetapi jika kabel body warna hitam di tempelkan ke kabel body yg laennya motr saya mati,trs jga klo di kontaknya itu on kabel warna hitam itu keluar pengapian sedikit ,tapi sebaliknya jika kontaknya of kabel body warna hitam pada motr mio pengapian sangat besar ..itu knpa yah
BalasHapusMaaf sedikit rumit ...karna saya jga bingung
Mas.. Motor saya mio soul..
BalasHapusKabel yng langsung ke aki warna apa yaa..
Izin bertanya boleh pak
BalasHapuskalau ngakit kabel kalau ganti kiprok gak papa apa harus kiprok ori
BalasHapusMas tolong di bantu, motor sy viar 200 gt, apakah kabel kuning yg dari dpul klo di stater kluar api apa gak, mohon saran ny mas
BalasHapusMas tlong di bantu, motor sya viar 200 gt, apakah kabel kuning yg dari spul klo di srater ada percik api atau gak mhon saranya mas
BalasHapusMas tolong di bantu, motor sy viar 200 gt, apakah kabel kuning yg dari dpul klo di stater kluar api apa gak, mohon saran ny mas
BalasHapusMas tolong di bantu, motor sy viar 200 gt, apakah kabel kuning yg dari dpul klo di stater kluar api apa gak, mohon saran ny mas
BalasHapusmas numpang tanya kabel kuning dari platina cb100 konek kemana yah.thnx
BalasHapusapa wajar di bodi motor terdapat arus listrik pencerahannya gan
BalasHapusPrmisi om, barangkali tahu skema diagram kelistrikan viar cross x 200GT?
BalasHapus